CASN 2024 Utamakan Fresh Graduate ‘Penghuni IKN’

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Abdullah Azwar Anas menegaskan rekrutmen Calon Aparatur Sipil negara (ASN) 2024 akan mengakomodir kebutuhan pegawai untuk mengisi formasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Namun, MenPANRB menegaskan jumlahnya saat ini masih dihitung menyesuaikan kebutuhan Kementerian dan Lembaga (K/L) yang pindah.

“Nanti akan kita hitung sesuai dengan kebutuhan kementerian/lembaga yang akan pindah ke IKN,” kata Azwar Anas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (5/1/2024).

Setidaknya pada tahun ini ada 2.302.540 formasi ASN yang akan dibuka. Dimana 690.822 untuk formasi ASN umum atau fresh graduate dan 1.605.694 untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Fokus rekrutmen untuk memperbaiki pelayanan dasar pemerintah, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan, dan talanta digital. Seperti Guru, tenaga teknis, hingga tenaga kesehatan.

“Talenta-talenta baru ini nanti adalah talenta digital dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik yang merata Di seluruh Indonesia dan juga untuk IKN. Jadi talenta-talenta unggul nanti ini untuk di IKN sebagaimana arahan Bapak Presiden,” jelasnya.

Selain itu CASN pada tahun ini, lanjutnya, juga dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tenaga non – ASN di lintas pemerintahan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 yang telah disepakati.

Menurut Azwar pemerintahan ke depan akan berbasis sistem pemerintahan berbasis elektronik, termasuk platform tunggal dari atau ekosistem ASN terbaru, yang akan diselesaikan pada bulan ini.

“Sehingga cara kerja ASN ke depan akan lebih lincah, lebih efektif dan pelayanan publiknya akan lebih berdampak,” katanya. https://darsalas.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*